Rabu, 12 Januari 2011

SAMBAL NUSANTARA


Nusantara kita kaya dengan berbagai sumber pangan. Selain tomat, ... ternyata banyak lagi buah dan sayur2an yg bs digabung dg cabe menjadi sambal... misalnya : cung kdiro, terong, pete, jengkol, nanas, asem jawa, bacang/ pakel, blimbing wuluh, jeruk nipis, duren dll... masih ada lagi ngga ya ?


Komentar teman2 FB ....

Maruli Nafolion : Ada lagi yaitu sambal kedondong muda. Sambel buah Binjai atau Mangga Keweni atau Mangga Pelam.
Ada pula sambalingkung (bahan kelapa parut diberi daging ikan, cabe dan rempah-rempah lainnya) berasal dari OKU Palembang.

Hery Al-kusyairi : sambal tempoyak (dari hasil inkubasi duren) itu kesukaan ku kang. tapi kalau di Lampung ada ikan teri di busukin (fermentasi) terus di giling dengan rebung rebus yg sudah di kasih tomat, garam, cabe dan parutan kelapa, itu yang namanya sambel Bekasom/ Khibas….. rasanya hmm mak nyuuuuuuuuuus

Galihway Hadijaya ‎: ... ada lg yg lebih sedap bang Hery... namanya Sambal Seruit... hehehe

Etin Rohaetin : Nama sambal lainnya yaitu sambal bajak

Sri Marina : Ada pak...kami pernah tinggal 6 thn di Kalsel dan Kaltim...disana ada sambal yang pake gandaria, dan ada juga sambal yang pake bagian putih nangka, enak juga pak !
Resepnya sbb : Nangka (dibuang dulu kulit luarnya), direndem dg banyu garam beberapa hari lalu dicuci, peras, di suwir-suwir , beri gula pasir sedikit.terus digoreng sampe kuning (tp boleh jg tak digoreng).Ini dibuat tuk campuran sambel goreng.namanya Sambel MANDAI.

Jaka Solah : sambal panjokjokan, cabe + garam + terasi bakar (khas Oku Palembang) yg mantap

Faisal Java Dangdut : Masih ada boss.... sambel ikan teri pakai kacang (Sambel Kacang).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar