Minggu, 25 Juli 2010

PENGENALAN MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI SUMBER BELAJAR





Perkembangan teknologi komputer saat ini telah membentuk suatu jaringan (network) yang dapat memberi kemungkinan bagi siswa untuk berinteraksi dengan sumber belajar secara luas. Jaringan komputer berupa internet dan web telah membuka akses bagi setiap orang untuk memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan terkini dalam bidang akademik tertentu. Indonesia termasuk empat besar pengguna internet di Asia setelah China, India dan Jepang. Posisi itu menunjukkan masyarakat sudah siap untuk terlibat dan menginspirasi orang lain melalui internet, kata Country Consultan untuk Google, Henky Prihatna. Internet dulu, hanya digunakan untuk mencari dan melihat informasi. Namun Sekarang masyarakat terus menggali apa lagi yang dapat mereka lakukan melalui internet.

Untuk mendorong masyarakat Indonesia mengetahui dan menyadari kekuatan internet lebih jauh, Google melakukan pencarian untuk menemukan contoh orang biasa yang melakukan hal-hal inspiratif dengan internet di Indonesia. Google meluncurkan kampanye pertama di Indonesia dengan tema "jadikan internet seluas kreasimu".

Kampanye ini menekankan manfaat internet bagi mereka yang ingin melakukan lebih dari sekadar melihat atau mencari informasi, karena internet adalah satu platform kolaboratif, yaitu tempat yang dapat digunakan para penggunanya untuk melibatkan, menginspirasi orang lain dan melakukan hal-hal baik yang bermanfaat bagi orang orang.

Diskusi dan interaksi keilmuan dapat terselenggara melalui tersedianya fasilitas internet dan web di sekolah.Penggunaan internet dan web tidak hanya dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap kegiatan akademik siswa tapi juga bagi guru. Internet dan web dapat memberi kemungkinan bagi guru untuk menggali informasi dan ilmu pengetahuan dalam mata pelajaran yang menjadi bidang ampuannya. Melalui penggunaan internet dan web, guru akan selalu siap mengajarkan ilmu pengetahuan yang mutakhir kepada siswa. Hal ini tentu saja menuntut kemampuan guru itu sendiri untuk selalu giat mengakses website dalam bidang yang menjadi keahliannya sehingga guru dapat memperkaya pengalaman belajar siswa. Agar dapat mengenali website secara lebih dekat, ikuti beberapa uraian berikut.

Internet, singkatan dari interconection and networking, adalah jaringan informasi global Internet diluncurkan pertama kali oleh J.C.R. Licklider dari MIT (Massachusetts Institute Technology) pada bulan Agustus 1962. Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran mengkondisikan siswa untuk belajar secara mandiri. Para siswa dapat mengakses secara online dari berbagai perpustakaan, museum, database, dan mendapatkan sumber primer tentang berbagai peristiwa sejarah, biografi, rekaman, laporan, data statistic. Informasi yang diberikan server-computers itu dapat berasal dari commercial businesses (.com), goverment services (.gov), nonprofit organizations (.org), educational institutions (.edu), atau artistic and cultural groups (.arts).

Siswa dapat berperan sebagai seorang peneliti, menjadi seorang analis, tidak hanya konsumen informasi saja. Mereka menganalisis informasi yang relevan dengan pembelajaran dan melakukan pencarian yang sesuai dengan kehidupan nyatanya (real life). Siswa dan guru tidak perlu hadir secara fisik di kelas (classroom meeting), karena siswa dapat mempelajari bahan ajar dan mengerjakan tugas-tugas pembelajaran serta ujian dengan cara mengakses jaringan komputer yang telah ditetapkan secara online. Siswa dapat belajar bekerjasama (collaborative) satu sama lain. Mereka dapat saling berkirim e-mail (electronic mail) untuk mendiskusikan bahan ajar. Selain mengerjakan tugas-tugas pembelajaran dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan guru siswa dapat berkomunikasi dengan teman sekelasnya.

Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran memiliki beberapa kelebihan antara sebagai berikut:
- Dimungkinkan terjadinya distribusi pendidikan ke semua penjuru tanah air dan kapasitas daya tampung yang tidak terbatas karena tidak memerlukan ruang kelas.
- Proses pembelajaran tidak terbatas oleh waktu seperti halnya tatap muka biasa.
- Pembelajaran dapat memilih topik atau bahan ajar yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing.
- Lama waktu belajar juga tergantung pada kemampuan masing-masing pembelajar/siswa.
- Adanya keakuratan dan kekinian materi pembelajaran.
- Pembelajaran dapat dilakukan secara interaktif, sehingga menarik pembelajar/ siswa; dan memungkinkan pihak berkepentingan (orang tua siswa maupun guru) dapat turut serta menyukseskan proses pembelajaran, dengan cara mengecek tugas-tugas yang dikerjakan siswa secara online.

Perkembangan/ kemajuan teknologi internet yang sangat pesat dan merambah ke seluruh penjuru dunia telah dimanfaatkan oleh berbagai negara, institusi, dan ahli untuk berbagai kepentingan termasuk di dalamnya untuk pendidikan/ pembelajaran. Perangkat lunak yang telah dihasilkan akan memungkinkan para pengembang pembelajaran (instructional developers) bekerjasama dengan ahli materi (content specialists) mengemas materi pembelajaran elektronik (online learning material). Setelah bahan pembelajaran elektronik dikemas dan dimasukkan ke dalam jaringan sehingga dapat diakses, maka kegiatan berikutnya yang perlu dilakukan adalah mensosialisasikan ketersediaan program pembelajaran tersebut agar dapat diketahui oleh masyarakat luas khususnya para calon peserta didik. Potensi internet tentunya dapat diperkaya lagi untuk penyelenggaraan kegiatan pembelajaran. Oleh sebab itu maka para guru juga perlu mendapatkan pelatihan agar mampu mengelola dengan baik penyelenggaraan kegiatan pembelajaran melalui intenet terutama agar mengenal IT (Information Technologi) dengan segala keberagamannya.

Perkembangan teknologi informasi (IT) saat ini telah merambat dan memasuki setiap dimensi aspek kehidupan manusia. Teknologi informasi saat ini memainkan peran yang besar didalam kegiatan bisnis, manajemen organisasi, bidang pendidikan bahkan berbagai ilmu pengetahuan. Peranannya cukup besar dalam pengembangan keilmuan dan menjadi sarana utama dalam suatu institusi akademik. Teknologi internet hadir sebagai media yang multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal. Internet juga mampu hadir secara real time audio visual seperti pada metoda konvensional dengan adanya aplikasi teleconference. Secara garis besar, teknologi informasi memiliki beberapa peranan :
(1) dapat menggantikan peran manusia, dalam hal ini dapat melakukan otomasi terhadap tugas atau proses;
(2) memperkuat peran manusia, yakni dengan menyajikan informasi terhadap suatu tugas dan proses;
(3) berperan dalam restrukturisasi terhadap peran manusia, dalam melakukan perubahan-perubahan terhadap kumpulan tugas dan proses.
Beberapa manfaat dari penggunaan teknologi informasi antara lain sebagai berikut :
(a) arus informasi tetap mengalir setiap waktu dan tanpa batasan tempat
(b) kemudahan mendapatkan resource yang lengkap
(c) aktifitas pembelajaran pelajar meningkat
(d) daya tampung meningkat
(e) adanya standardisasi pembelajaran
(f) meningkatkan learning outcomes baik kuantitas/ kualitas.

Kehadiran internet dalam dimensi pendidikan merupakan suatu yang mutlak dan sudah merupakan kebutuhan. Sebagai suatu kebutuhan, maka kehadiran internet pada dasarnya sangat membantu dunia pendidikan untuk mengembangkan situasi belajar mengajar yang lebih kondusif dan interaktif.

Sejarah IT dan Internet tidak dapat dilepaskan dari bidang pendidikan. Adanya Internet membuka sumber informasi yang tadinya susah diakses. Akses terhadap sumber informasi bukan menjadi masalah lagi. Perpustakaan merupakan salah satu sumber informasi yang mahal harganya. Adanya Internet memungkinkan seseorang di Indonesia dapat mengakses perpustakaan di perguruan tinggi dalam maupun luar negeri (digital liberary). Sudah banyak cerita tentang pertolongan Internet dalam pembuatan makalah, penelitian dan tugas akhir. Tukar menukar informasi atau tanya jawab dengan guru, dosen, pakar dapat dilakukan melalui Internet. Tanpa adanya Internet banyak tugas akhir, skripsi, makalah dan thesis yang mungkin membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk diselesaikan.

Kerjasama antar guru, dosen, pakar dan juga dengan siswa/ mahasiswa yang letaknya berjauhan secara fisik dapat dilakukan dengan lebih mudah. Dahulu, seseorang harus berkelana atau berjalan jauh untuk menemui seorang guru/ dosen untuk mendiskusikan sebuah masalah. Namun kini dapat dilakukan dari rumah dengan memanfaatkan email atau chatting. Makalah dan penelitian dapat dilakukan dengan saling tukar menukar data melalui Internet, via email, ataupun dengan menggunakan mekanisme file sharring. Seseorang dimanapun di Indonesia dapat mengakses pakar yang terbaik di Indonesia dan bahkan di dunia. Batasan geografis bukan menjadi masalah lagi.

Teknologi internet hadir sebagai media yang multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal (misalnya e-mail dan chatting) atau secara masal, yang dikenal one to many communication (misalnya mailing list). Internet juga mampu hadir secara real time audio visual seperti pada metoda konvensional dengan adanya aplikasi teleconference. Berdasarkan hal tersebut, maka internet sebagai media pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu :
(a). sebagai media interpersonal dan massa
(b) bersifat interaktif
(c). memungkinkan komunikasi secara sinkron maupun asinkron.
Karakteristik ini memungkinkan pelajar melakukan komunikasi dengan sumber ilmu secara lebih luas bila dibandingkan dengan hanya menggunakan media konvensional. Teknologi internet menunjang pelajar yang mengalami keterbatasan ruang dan waktu untuk tetap dapat menikmati pendidikan. Metoda talk dan chalk, dapat dimodifikasi dalam bentuk komunikasi melalui e-mail, mailing list, dan chatting.

Peran media internet beserta media komputer sebagai perangkat utamanya semakin meningkat pesat dari waktu ke waktu. Diperkirakan mesin jenius ini akan menjadi kebutuhan dominan yang tak terlupakan dalam kehidupan manusia pada masa-masa mendatang. Di dunia serba digital saat ini, internet bagi manusia hadir dan tumbuh subur menjadi sebuah kebutuhan. Internet memang memudahkan pelajar mendapatkan segala informasi yang berhubungan dengan dunia pendidikan (pelajaran). Tapi pada internet juga terdapat liang raksasa, bagai rahang yang akan mengunyah para pelajar dengan situs-situs pornografi, kekerasan, dan hal-hal negatif lainnya. Meskipun dalam diri mereka terjadi tarik menarik yang dahsyat antara kepentingan yang baik (positif) dengan buruk (negatif). Namun pada akhirnya, kekuatan negatif cenderung lebih bertaring untuk mencengkram cara berpikir dan berprilaku para remaja tersebut. Oleh sebab itu perlu dilakukan upaya untuk meminimalisir masalah tersebut, dengan cara memaksimalkan manfaat internet sebagai media pendidikan. Sekaligus dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, mutu pendidik dan anak didik.

Sejumlah pusat pendidikan termasuk sekolah lanjutan tingkat atas sampai perguruan tinggi saat ini begitu serius memaksimalkan pengadaan fasilitas internet di sekolah dan kampus masing-masing untuk meningkatkan mutu pendidikan serta memberikan kemudahan bagi khalayak mengakses informasi.
Media internet sebagai sumber belajar yang sudah dikenal khalayak dan banyak dikunjungi orang adalah Blog, Youtube dan Website.

Blog atau Web log

Blog merupakan singkatan dari web log adalah salah satu aplikasi web berupa tulisan-tulisan yang umum disebut sebagai posting pada halaman web. Tulisan-tulisan tersebut seringkali diurut dari yang terbaru dan diikuti oleh yang lama. Pada mulanya, blog dibuat sebagai catatan pribadi yang disimpan secara online, namun kini isi dari sebuah blog sangat variatif, ada yang berisi tutorial ( contoh blog ini ), curhat, bisnis dan lain sebagainya. Secara umum, blog tidak ada bedanya dengan situs yang ada di internet.

Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama. Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu.

Flatform blog atau seringkali disebut juga dengan mesin blog dibuat sedemikian rupa oleh para designer blog agar mudah untuk digunakan. Dulu, untuk membuat aplikasi web diperlukan pengetahuan tentang pemrograman HTML, PHP, CSS dan lain sebagainya, dengan blog semuanya menjadi mudah semudah menyebut angka 1 2 3. Salah satu penyedia blog gratis yang cukup populer saat ini adalah blogspot atau blogger, dimana ketika mendaptar adalah melalui situs blogger.com namun nama domain yang akan anda dapatkan adalah sub domain dari blogspot, contoh : contohsaja.blogspot.com

Seseorang bisa saja membuat blog di blogger.com walaupun ada beberapa situs penyedia blog lainnya. Namun perlu dimaklumi bahwa ada banyak kelebihan yang dimiliki blogger di banding dengan penyedia blog lain. Beberapa contoh kelebihan blogspot di banding yang lain yaitu mudah dalam pengoperasian sehingga cocok untuk pemula, lebih leluasa dalam mengganti serta mengedit template sehingga tampilan blog anda akan lebih fresh karena hasil kreasi sendiri, dan kita dapat mengubah nama blog itu dengan nama domain sendiri, misalkan contohsaja.blogspot.com di ubah menjadi contohsaja.com, sedangkan hosting tetap menggunakan blogspot dan masih tetap gratis.

Internet itu bersifat sangat dinamis, sehingga mungkin saja dalam beberapa waktu kedepan panduan membuat blog di blogspot ini akan ada perbedaan dengan yang terlihat di blogger.com
Salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam membuat blog adalah anda memiliki alamat email yang masih aktif atau di gunakan. Jika anda belum mempunyai alamat email, silahkan daftar terlebih dahulu di gmail karena blogger adalah salah satu layanan dari Google maka ketika mendaftar ke blogger sebaiknya gunakan email gmail. Jika anda belum paham bagaimana cara membuat email, silahkan gunakan mesin pencari google untuk mencari panduannya. Untuk memulai membuat blog, kunjungi dulu situs http://www.blogger.com

YouTube
YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flash Player.
Untuk mengirimkan (upload) video ke youtube, kita harus login terlebih dahulu. Kalau kita sudah mempunyai email dari google (gmail), username dan password-nya bisa kita pake untuk login (Login with your Google account ), kalau belum punya kita harus daftar dulu (Sign Up) di youtube untuk mendapatkan username dan password. Adapun langkah-langkah daftar akun di google (gmail) terlebih dulu dengan membuka http://mail.google.com

Klik tombol Signup atau Buat Akun, Isi semua kotak pada form isian itu. Pada waktu mengisi Password, buatlah password dengan kombinasi abjad dan angka. Google biasanya akan menolak bila password yang kita masukan mempunyai kerumitan sandi yang lemah, usahakan kerumitan sandinya rumit.
Setelah semua kotak di isi, klik tombol Saya menerima. Buat akun saya. Klik tombol Tunjukkan akun saya, bila kita mau masuk ke halaman email kita.
Untuk mendaftar di youtube, kita tinggal buka situs youtube http://youtube.com
Coba dulu sign in dengan akun google yang telah kita buat di atas. Kalau belum bisa login, klik tombol Make me a new account kemudian :
- Isi Your current email address dengan email address yang kita buat di atas
- Isi Password dengan password yang sama dengan password email yang di buat di atas,

Langkah-langkah untuk meng-upload video, pertama kunjungi www.youtube.com dan login dengan username dan password yang Anda punya. Klik tombol “Upload“, seperti gambar di bawah ini, kemudian pada halaman berikutnya klik tombol Upload Video dan pilih video yang akan kita upload ke youtube. Klik tombol Upload video bila kita mau meng-upload video atau dengan cara di drag video kita ke dalam kotak yang sudah ada atau klik link Record from webcam bila kita mau merekam langsung menggunakan webcam dan hasilnya langsung di upload di youtube. Setelah kita menentukan video yang akan kita upload, pada jendela berikutnya (Video File Upload) akan muncul Upload Progress dan tunggu sampai proses upload selesai (100%), sedangkan di bagian bawahnya (Preview) akan terlihat video kita yang sedang di upload. Masukan beberapa informasi yang berhubungan dengan video kita, seprti Title (judul video), Description (keterangan mengenai video), Tags (keyword untuk mempermudah video kita ditemukan oleh mesin pencari [search engine]), Category (pilih kategori video kita). Kemudian pada pilihan Privacy ada 3 opsi yang bisa kita pilih, yaitu : Public (anyone can search for and view – recommended), pilih yang ini bila video yang kita upload itu boleh dilihat oleh siapa saja dan akan ditampilkan di playlist youtube serta bisa dicari dengan search engine.

Unlisted (anyone with the link can view), pilih yang ini bila kita menginginkan hanya orang tertentu saja yang bisa melihat video kita dengan cara memberikan link video kita pada orang yang diinginkan, tetapi dibatasi hanya untuk 50 orang dan orang tersebut tidak perlu punya akun di youtube. Opsi ini bisa kita rubah bila kita inginkan ke opsi Private. Private (only specific YouTube users can view) , hampir sama dengan point 2, tetapi untuk opsi Private link video kita hanya bisa diberikan pada orang yang sudah mempunyai akun di youtube. Opsi ini bersifat permanent tidak bisa dirubah lagi ke opsi yang lain.

Sharing options akan terisi secara otomatis setelah video kita sukses di upload. URL (link video yang kita upload, link ini bisa kita berikan pada orang lain untuk melihat video yang kita upload, terutama bila kita pilih opsi Unlisted atau Private)
Embed (merupakan script yang bisa kita tanamkan ke website kita (bila punya), sehingga video yang sudah di upload bisa ditampilkan di website kita). Setelah semua diisi kita tinggal klik tombol Save Changes. Apabila ada sesuatu yang masih belum jelas, klik saja fasilitas Help yang ada di youtube.

Apabila kita ingin merencanakan untuk membangun sebuah website, ada tiga hal utama yang harus dipersiapkan, antara lain :
1. Mendesain web yang akan kita kembangkan dan meng-implementasikannya ke dalam web programming.
2. Selanjutnya adalah memesan atau membeli nama domain, yaitu nama identitas halaman web yang telah kita kembangkan untuk di-upload ke internet.
3. Tahap akhir adalah membeli atau menyewa computer server yang berperan sebagai server web untuk menempatkan halaman website kita.

Hingga saat ini banyak pihak yang menyediakan jasa penyewaan server, baik yang bayar ataupun yang gratis. Mendesain sebuah halaman web dapat dilakukan sesuai dengan kreativitas kita. Apabila mengalami kesulitan untuk mendesain, kita dapat memanfaatkan jasa dari seorang web designer.
Dalam mendesain sebuah halaman yang perlu dicermati adalah tampilan desain itu sendiri, efek dari desain, serta animasi. Tentu saja tujuannya adalah untuk membuat halaman web kita menarik serta cantik sehingga diharapkan akan dikunjungi banyak orang.

Untuk mendesain sebuah halaman website diperlukan software tertentu, misalnya Macromedia Flash yang mampu menciptakan halaman web lebih dinamis dan atraktif. Perangkat lunak lain yang diperlukan untuk membuat desain tampilan sementara atau layout halaman, misalnya Adobe Photoshop untuk desain berbasis titik (bitmap), Adobe Image Ready untuk memotong gambar-gambar ke dalam format html, serta Macromedia Freehand untuk desain berbasis vektor.

Efek desain pada halaman dapat pula ditambahkan, misalnya dengan memberi kesan hidup pada desain yang telah kita rancang, seperti menambah efek cahaya, textur dan manipulasi teks. Untuk keperluan tersebut kita gunakan misalnya Macromedia Firework untuk memberikan efek teks, Painter untuk memberikan efek lukisan, serta Ulead Photo Impact untuk memberikan efek frame dan merancangkan ikon yang cantik. Efek desain di halaman website yang dapat pula disisipkan misalnya animasi, untuk memberikan daya tarik tersendiri. Software yang dapat kita gunakan antara lain 3D Studio Max, Gif Construction Set, dan Macromedia Flash.

Apabila desain halaman sudah kita anggap benar dan sempurna maka dapat dilanjutkan dengan mengimplementasikan kedalam web programming. Secara umum, situs internet dibangun oleh sebuah bahasa bernama HTML (Hyper Text Mark-up Language). HTML terdiri atas banyak tag yang diterjemahkan menjadi sebuah halaman web oleh program lain yang bernama browser. Internet Explorer dan Netscape Navigator adalah dua dari sekian banyak browser yang sering digunakan orang untuk browsing di internet.
Desain yang telah selesai dikerjakan harus kita implementasikan ke dalam bahasa pemrograman web. Web programming atau bahasa pemrograman web bertugas sebagai pengatur akses database, form isian, dan membuat web lebih interaktif.

Ada beberapa bahasa pemrograman untuk menciptakan website yang dinamis sehingga memudahkan kita meng-update data isi dari website tersebut. Diantaranya adalah CGI, ASP, dan PHP. Sedangkan perangkat lunak editor yang diperlukan untuk menyatukan keseluruhan gambar dan tata letak desain, animasi, mengisi halaman web dengan teks, antara lain adalah : Alaire Homesite, Cold Fusion dan Microsoft Frontpage.

Setelah tahap desain dan implementasi ke web programming dirampungkan, maka langkah selanjutnya adalah memesan atau membeli nama domain. Website yang akan kita upload di internet harus memiliki nama unik (nama domain). Nama domain merupakan sebuah sistem penamaan alamat internet dengan sebuah struktur hierarkis yang meliputi :
- Tingkatan tertinggi disebut Top-Level Domains (TLDs), contoh TLD yang populer adalah yang berekstensi .com, .net, .org dan lain-lain.
- Level kedua adalah second level domains (SLDs), misalnya suaramerdeka.com (suaramerdeka merupakan SLD).
- Level domain ketiga dan seterusnya, sebagai contoh adalah www.suaramerdeka.com (www adalah domain level ketiga).

Organisasi atau lembaga yang mengatur untuk domain level pertama (TLD) dan kedua (SLD) adalah ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers, www.icann.org). Jika kita hendak membelinya maka ada prosedur pembuatan dan pemilikannya yang disebut sebagai "pembelian nama domain". Sedangkan untuk domain level ketiga dan seterusnya, dapat kita buat sendiri setelah memiliki domain tersebut. Nama domain terdiri atas dua jenis, yaitu Generic Top-Level Domains (gTLDs) yang berlaku internasional. Contohnya adalah .com, .org, .net, dan lain-lain. Jenis kedua adalah Country Top-Level Domains (cTLDs) yang berlaku hanya di wilayah teritorial tertentu. Sebagai contoh, co.id merupakan cTLD yang hanya berlaku di Indonesia. Setiap teritorial memiliki aturan yang berbeda-beda mengenai sistem penamaan dan pendaftaran untuk cTLDs ini. Untuk gTLDs (domain internasional), situs yang menyediakan layanan pendaftaran nama domain, seperti www.register.com. Untuk cTLDs atau domain teritorial diatur oleh lembaga yang berwenang di setiap teritorial. Di Indonesia misalnya, pengelolaan cTLDs diatur oleh IDNIC (Indonesia Network Information Center/ www.idnic.net.id).

Setelah memiliki nama domain maka yang harus kita selesaikan dalam membangun sebuah website adalah membeli atau menyewa server untuk meletakkan website kita. Nama domain untuk website kita diletakkan di server yang memiliki akses internet. Semua data website itu nantinya akan disimpan di server tersebut.

Cara yang dapat kita pilih dalam menempatkan website di server antara-lain misalnya dengan cara mengadakan atau membeli computer server sendiri. Namun perlu diketahui bahwa harga server jauh lebih mahal dibandingkan dengan komputer pribadi. Pilihan kedua adalah menyewa computer server milik perusahaan lain atau yang lebih populer dengan istilah web hosting yang lebih ringan biayanya jika dibandingkan dengan alternatif yang pertama tadi. Alternatif lain adalah mendaftarkan website kita pada penyedia layanan web hosting secara gratis. Pilihan ini mungkin lebih sesuai bagi kita yang ingin mengelola website pribadi atau mengelola pembelajaran.

Beberapa situs yang menyediakan layanan web hosting secara gratis, misalnya www.geocities.com. Tentu saja pilihan pada layanan web hosting itu masing-masing mempunyai kekurangan atau kelebihan tersendiri. Biasanya situs-situs penyedia jasa web hosting secara gratis mewajibkan kita menggunakan domain mereka dan kita hanya mendapatkan subdomain (domain level ketiga) atau ditempatkan pada direktori tertentu, misalnya di : geocities.com.

Facebook
Facebook merupakan salah satu layanan jaringan sosial internet yang gratis dimana kita dapat membentuk jaringan dengan mengundang teman kita. Dan dari jaringan yang kita bentuk, kita dapat memperhatikan aktifitas mereka, mengikuti permainan/ join game yang direkomendasikan, menambahkan teman atau jaringan kita berdasarkan organisasi sekolah, daerah domisili kita, dan seterusnya. Fasilitas untuk berteman dan membina kehidupan sosial benar-benar lengkap.

Facebook adalah situs web jejaring sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.

Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.
Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.
Saat ini facebook menempati ranking ketujuh sebagai website paling sibuk di dunia. Untuk mengetahui lebih lanjut atau ingin mendaftar diwebsite tersebut, kunjungi langsung di http://www.facebook.com


Seiring dengan program pemerintah meningkatkan dan mengembangkan sektor pendidikan, baik melalui administrasi atau akademik, beberapa pengembang perangkat lunak ikut memainkan peran pendukung berbasis sistem information technologi (IT) dengan menciptakan berbagai perangkat yang akan menangani masalah di administrasi di sekolah.

Pengelolaan administrasi sekolah yang selama ini hanya tercatat dalam buku atau program - program administrasi sederhana, dapat dikemas kedalam program IT. Mulai dari absensi, tugas staf sekolah, guru, siswa sampai penyelesaian nilai siswa, jadwal kelas serta pengaturan – kelas dapat diprogram dalam sistem IT sehingga mempermudah siswa atau guru untuk mengakses informasi pada indeks prestasi (nilai), jadwal dan berita - berita kegiatan sekolah.
Sistem informasi ini memiliki sistem berbasis web, media internet browser (Mozilla Firefox). Memiliki sistem client server dengan jumlah terbatas klien. Fitur tersebut tentu saja akan sangat membantu pengelolaan Administrasi (TU) sekolah.

Computer system yang perlu tersedia diantaranya adalah : Sistem Operasi (WinAll / LINUX), Komputer Pentium II atau yang setara, Ruang Hard-disk 10 MB, Memori 64 MB, Web Browser, Apache Server, MySQL Database Server dan PHP Service.
Pemanfaatan media IT didunia pendidikan di Indonesia yang sudah cukup sempurna adalah seperti yang diterapkan di Universitas Terbuka Pondok Cabe (www.ut.ac.id) mengingat bahwa perguruan tinggi tersebut menggunakan model pembelajaran jarak jauh dengan menerapkan tutorial online serta ujian berbasis komputer yang diikuti belasan ribu mahasiswa yang tersebar diseluruh Nusantara bahkan hingga manca Negara.

Melalui penggunaan internet dan web, guru akan selalu siap mengajarkan ilmu pengetahuan yang mutakhir kepada siswa. Hal ini tentu saja menuntut kemampuan guru itu sendiri untuk selalu giat mengakses website dalam bidang yang menjadi keahliannya. Guru setidaknya mampu membuat blog dan menyimpan materi pembelajaran untuk siswanya, mampu menggunakan fasilitas chatting agar dapat berkomunikasi dalam dunia maya serta mampu mengarahkan siswa untuk menemukan informasi melalui media internet yang berkaitan dengan materi pembelajaran.[Gway]