Selasa, 03 November 2009

PIDATO REKTOR UT


Saat membuka MUNAS II IKAUT tanggal 25 Agustus 2008 di Kampus Pondok Cabe, Prof.DR.Atwi Suparman,M.Sc memberikan sinyal-sinyal untuk ditangkap dan dimaknai oleh para peserta MUNAS II IKAUT 2008. Ada beberapa catatan khusus yang sempat direkam dari sinyalemen beliau antara lain;
Untuk mengimbangi akselerasi perkembagan dan kemajuan Universitas Terbuka di pentas dunia, maka saat ini IKAUT hanya membutuhkan seorang TOP LEADER yang mampu meng "aranger" seluruh potensi alumni mejadi harmonisasi musikal yang piawai. Dengan kemampuan tersebut diharapkan sang TOP LEADER mampu menanamkan VISI yang kuat, memiliki komitmen serta pengaruh yang besar untuk menggerakkan roda organisasi IKAUT ke depan.
Di dalam IKAUT cukup diperlukan satu orang saja yang berperan sebagai "motor berfikir" sehingga laju aktivitas dapat terus bergerak secara rithmis meng-handle aset "networking" menjadi suatu POWER yang mampu merubah "segalanya". Dengan demikian tidak perlu fresh-money untuk melakukan hal itu, akan tetapi aset "knowledge" dan "kerja keras" cukup untuk mengakses potensi alumni UT yang secara kuntitatif berjumlah terbesar diantara perguruan tinggi manapun di Indonesia. Bagi UT fasilitas yang ada bukanlah suatu jaminan, akan tetapi terlebih pada SISTEM yang telah dijalankan dengan konsistensi yang tinggi telah memberikan hasil pengakuan kualitas (akreditasi) internasional.
Pada usianya yang ke 24 tahun, UT melaju ke arah World Class University bersama 6 perguruan tinggi lain di Indonesia (UGM, UI, ITB, IPB,Unair dan Undip), dan pada tahun 2008 ini UT telah mentargetkan dicapainya 14 standar ISO selain 14 standar ISO yang telah dicapai pada tahun 2007 yang lalu.
Dengan standar ISO sudah ditangan, bukan berarti kerja telah selesai, karena setiap 6 bulan sekali "survey-land" dari Lembaga Sertifikasi Internasional datang untuk melakukan audit untuk menjaga dan meningkatkan mutu layanan secara berkesinambungan (Quality Improvement).
Universitas Terbuka adalah MEGA UNIVERSITY dengan 458 ribu mahasiswa (hasil registrasi semester genap 2008) atau lebih dari 650 ribu orang mahsiswa redundent yang tersebar di seluruh Indonesia, adalah aset terbesar dari bangsa Indonesia, sehingga Mendiknas selalu memberikan "comment" positif bagi kinerja UT di manapun beliau berada.
Memang angka fantastis yang ada di UT ini, bayangkan 4 Fakultas dan 1 Program Pasca Sarjana serta 1700 tenaga pelayanan, UT telah diikuti tidak kurang dari 50.ooo mahasiswa reguler di dalamnya.
Apalagi kalau bukan prestasi yang hendak kita capai?.
Selamat mengikuti MUNAS II IKAUT dan semoga MUNAS ini mampu meghasilkan keputusan brilliyan untuk menghantarkan ke kondisi yang lebih baik lagi. (darsana setiawan-ketua sidang pleno MUNAS II IKAUT 2008).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar