Minggu, 13 Juli 2014

Menu Buka Puasa Kreasi Mahasiswa UT Malaysia dan Korea



1. Resep Sambel Teri Cabe Ijo
Kiriman Dikka Hermansyah (Mahasiswa UT Pokjar Korea)


Teman-teman …. kesendirian saya di rantauan menuntut saya untuk bisa belajar dan belajar semua tentang hidup, karena bagi saya hidup itu adalah tantangan dan pilihan yang harus kuat kita jalani dengan hati yang ikhlas dan sabar dan tentunya dengan kerja keras yang tinggi untuk bisa mencapai apa yang menjadi impian dan cita-cita masa depan yang cerah, seperti memasak menu pilihan yang paling saya rindukan yaitu menu-menu masakan almarhum Ibunda dan masakan kakak perempuan saya, misalnya masakan Sambel Teri Cabe Ijo.
Walaupun sudah lama di Korea  namun masih saja nggak pass dengan ikan teri asli Korea yang rasanya hambar. Oleh sebab itu saya minta dikirim ikan teri dari kampung (Teri Bima Indonesia).

Untuk membuat Sambel Teri Cabe Ijo tersebut diperlukan bahan bahan antara lain :
-          Ikan teri ± ½ Kg
-          Kacang tanah,
-          Tempe,
-          Bawang merah,
-          cabe merah keriting,
-          cabe rawit
-          Tomat,
-          Gula pasir,
-          Kecap manis
-          Penyedap rasa


Cara membuatnya :
Ikan teri, irisan tempe dan kacang tanah digoreng dahulu lalu sediakan bumbunya. Proses membuat bumbunya : cabe merah dan cabe rawit di blender dahulu sampai halus, terus bawang merah dan tomat juga di diblender. Setelah halus kemudian bumbu-bumbu ditumis dan tambahkan penyedap rasa hingga aroma bumbunya tercium.  Sebelumnya tumisan bumbu dicicipi dahulu apakah penyedap rasanya sudah cukup atau belum. Sesudah itu masukkan berturut-turut gorengan ikan teri, irisan tempe dan kacang tanah dan terus diaduk-aduk sampai rata dan dikasih kecap manis sedikit. Kira-kira sekitar 5 menit bumbu sudah keliatan rata dengan ikan teri tadi barulah irisan cabe ijo dimasukkan diakhir proses sambil diaduk sebentar, setelah itu baru diangkat dan siap disajikan.

Salam dari Dikka : Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

 =============================================================

2. Resep Sup Buah
Kiriman Ely Br Tampubolon (Mahasiswa UT Pokjar Penang Malaysia)


Salam kenal dari Ely ya pak, Ely gak pandai masak inipun masih belajar belum pandai lagi lah pak. Nanti kalo sudah pandai baru saya posting ya pak !
Tapi kalo resep Sup Buah boleh tak pak ?  bukan Es Buah tapi Sup Buah, cocok time siang hari atau dahaga, macam tuh la pak !


Nih resepnya cuma buah-buah saja, terserah bapak saja mau buah apa, dulu kami buat simple saja : Rambutan, Aple hijau/ merah, Pisang, Semangka … terus lupa lagi la pak namanya, pokoknya yang segar gitu deh. Semua buah tersebut dikupas dan dipotong dadu, lepas tuh dibuat susu dan sirup dan air sikit. Selesai la dan siap dihidangkan bersama es batu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar